Monday, August 18, 2008

Dewan Integritas Bangsa

ASY tampil di Tim-8

6 Parpol Tanda Tangani Piagam Komitmen Integritas

Abhiram Singh Yadav (ASY) tampil sebagai wakil umat Hindu Indonesia pada Penandatanganan Piagam Komitmen Integritas yang diselenggarakan oleh Dewan Integritas Bangsa dan Parpol Peserta Pemilu 2009 dilakukan oleh enam dari 38 parpol diundang yang mengirimkan perwakilan.

Acara penandatangan yang digelar di Tugu Proklamasi, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (17/8) malam dihadiri oleh pemimpin parpol dan/atau perwakilannya.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bidang Penindakan Chandra M Hamzah yang menjadi saksi penandatanganan sempat menyebut harapannya bahwa kecilnya peserta itu tidak berarti bahwa yang lain tidak punya integritas.

"Saya harap sedikitnya parpol yang hadir ini tidak berarti bahwa parpol yang lain tidak punya integritas. Moga-moga hanya karena halangan teknis," katanya.

Chandra menyebut bahwa meskipun jumlah peserta kecil bukan berarti dampaknya harus kecil. "Kita buat dampaknya jadi besar," katanya disambut tepuk tangan peserta yang datang.

Dewan Integritas Bangsa terdiri atas PP IPNU, PP Pemuda Muhammadiyah, PP Pemuda Katolik, DPP GAMKI, DPP GEMABUDHI, DPN PERADAH, GEMAKU PUSAT dan KOMTAK. DPN PERADAH dalam hal ini diwakili Abhiram Singh Yadav dan GEMAKU diwakili ketua Umum Kris Tan. Adapun Komitmen Integritas Bangsa yang ditandatangani malam itu menyatakan bahwa peserta bertekad untuk mewujudkan budaya integritas di lingkungan Dewan Integritas Bangsa dan lingkungan parpol masing-masing dengan mengubah budaya politik yang haus kekuasaan, jabatan dan uang menjadi budaya politik yang berintegritas.

Budaya politik yang berintegritas itu dijabarkan sebagai budaya yang mengutamakan, mengedepankan dan mencerminkan dua hal yakni menyamakan ucapan dan perbuatan serta mewujudkan kejujuran sesuai harapan masyarakat.

Sementara itu, Chandra juga mengingatkan tentang potensi korupsi yang dilakukan partai dimana parpol diminta untuk mencari dana sesuai aturan.

ASY menyatakan selama acara ini masih sesuai dengan kooridor pemikiran dasar yang hanya berkepentingan buat rakyat Indonesia, PERADAH akan tetap berada di Dewan ini. Tetapi sekali ada penyelewengan dari komitmen dasar, maka PERADAH tidak akan segan-segan menarik mundur serta ASY siap mengembalikan gelar Negarawan Muda.

Pada tanggal 13 silam Abhiram Singh Yadav beserta 7 pimpinan OKP lainnya telah dianugrahi gelar NEGARAWAN MUDA di gedung KADIN Jakarta. Negarawan Muda in adalah Tim 8 Dewan Integritas Bangsa

MERDEKA! Diregahayu 63th Republic Tercinta Indonesia. Mari Kita Bangitkan Integritas Bangsa.

No comments: