Sunday, August 10, 2008

Asia Pacific Inter Faith Youth Camp 2008

Asia Pacific Inter Faith Youth Camp 2008

Sebanyak 150 pemuda dari 11 negara mengikuti "Asia Pacific Inter Faith Youth Camp" di Cyber Park (Taman Flora) Bratang, Surabaya, pada 27-31 Juli 2008. Para peserta "Youth Camp" yang rata-rata berusia 18-25 tahun berasal negara di Asia Pasifik meliputi Australia, Selandian Baru, Fiji, Indonesia, Malaysia, Philipina, Thailand, Brunei Darussalam, Singapura, Timor Leste dan Vietnam. PERADAH diwakili Abhiram Singh Yadav dari Dewan Pimppinan Nasional PERADAH.

Kesebelas negara tersebut juga merupakan anggota forum dialog antaragama di kawasan asia pasifik. Mereka mendiskusikan tentang dampak dan solusi akibat pemanasan global (global warning).

Selain itu diskusi juga mengarah pada pendekatan agama yang ada di dunia dalam memandang pemanasan global dan perubahan iklim. Untuk itu, dalam diskusi tersebut akan dihadirkan tokoh agama dari Indonesia untuk memberikan wawasan di kalangan pemuda tersebut.

Tokoh-tokoh agama tersebut meliputi Prof Philip K Wijaya (Budda), Prof Dr Syafiq A Mughni MA (Islam), Putu Artama (Hindu), Budi Wijaya (Khonghucu), Simon Filatropa (Kristen) dan perwakilan keuskupan Agung Surabaya (Khatolik).

Para peserta juga diberi kesempatan untuk mengenal keharmonisan kehidupan antarumat beragama di Kota Surabaya. Keharmonian tersebut, diwujudkan dengan menginap di "homestay" pada dua malam pertama, 27 dan 28 Juli 2008 di keluarga-keluarga terpilih di Kota Surabaya. Para pemuda tersebut, juga melakukan observasi pada beberapa daerah di Kota Surabaya tentang dampak pemanasan global dan perubahan iklim yang sudah nampak dan bagaimana seharusnya setiap individu bersikap. "Daerah yang dikunjungi seperti kawasan pantai, tempat pembuangan akhir, pusat perbelanjaan dan perdagangan", katanya.

“Dalam Hindu, ada sebuah konsep, bahwa ibu alam dan dunia adalah satu keatuan. Realisasi konsep ini dapat dilihat di Bali, Setiap rumah disana harus mempunyai satu pohon” di utarakan Abhiram Singh Yadav disela-sela acara seperti yang di kutip dari Jawa Pos tanggal 29 July 2008.

Acara ini berakhir dengan penutupan Mariah di Hotel Hyat Surabaya yang dipimpin oleh Wali Kota. Sesuai pada Jawa Pos tertanggal 1 Agustus 2008, disela-sela penutupan Ahiram Singh Yadav mengatakan “Kehadiran ahli lingkungan sangat membantu menerjemahkan apa yang dikatakan agama tentang lingkungan.”


related link: http://www.jawapos.co.id/metropolis/index.php?act=detail&nid=14831

No comments: